I'm a human being. not a monster. no need to scream.

Thursday 5 May 2011

Jakarta-ku

pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta untuk tinggal, dan hidup mulai dari nol adalah tanggal 2 juli 2005. lulus dari SMP N 1 Kupang bertepatan dengan diterimanya kakak gue, nene di IPB Bogor. papa udah setahun lebih dulu tinggal di Jakarta. jadi selama setahun, gue ga pernah ketemu papa. ah, dari kecil memang gue udah biasa ditinggal-tinggal pergi. rasanya? sama saja. malah aneh kalo papa pulang sebelum wiken seperti sekarang ini. pindah ke Jakarta bukan sesuatu yang direncanakan dengan matang oleh keluarga gue. you know, gue inget banget waktu itu malem, jam 7 kebetulan kita semua lagi makan bakso sambil nunggu papa pulang dari kantor. waktu itu lampu mati dan terdengar suara genset dari lantai 2 rumah gue. deru mesin mobil masuk garasi yang menandakan papa udah pulang. "Assalamualaikum" begitu kata papa. sehabis itu, papa cuma bilang "kita semua pindah ke Jakarta, secepatnya" abis itu gue seperti kehilangan selera makan gue. malam itupun pas makan malem ga banyak ngomong. gue pikir papa mama sibuk sama pikirannya masing-masing. belakangan setelah itu gue tahu kalo papa di kasih 2 pilihan sama kantornya. papa waktu itu menjabat sebagai ketua cabang pt. Bhanda Ghara Reksa di kupang, sebuah kantor yang bergerak dibidang jasa pergudangan, sempet kaget papa waktu itu bawa pulang granat dan dimarahin mama. pas ditanya dapet darimana, dengan santainya papa bilang, ga tau tuh tiba-tiba ada di gudang, hadeeehh..


lanjut cerita, pilihan papa itu dikarenakan ada karyawannya yang emang ngincer posisi papa jadi kepala cabang. uang pensiun dini yang ditawarkan lumayan banyak pada masa itu. tapi mengingat papa ga ada darah bisnis dan anak-anaknya masih sekolah. papa menolak, dan seketika berubahlah dunia gue. yang dianterin pake supir, yang pake pembantu semuanya diberhentikan sama mama. malah mama pernah bikin toko kelontongan di pasar waktu itu. duh, ngenesnya papa. dari jadi kepala cabang sampe jadi tukang ngangkatin beras buat toko kita di pasar. apa papa ga malu sama IPK nya yang 3.4? mungkin enggak. disinilah gue ngerasa, my daddy is the best ever daddy in this whole world. *beneran mewek gue* setaun jualan di pasar, berat badan mama mulai turun. papa mulai stres, sampingannya papa adalah jadi sales cat dirumah. garasi besar gue yang dulu muat 2 mobil sekarang dijadiin gudang tempat cat.


 lambat laun, papa ga bisa bayar rumah kita yang gede, keluarlah gue dari rumah itu. masih di komplek yang sama, papa beli rumah yang sedikit agak kecil dari rumah pertama gue dulu. kita mulai kesusahan uang. rumah berlantai 1 berwarna ijo itu saksinya. setelah itu papa diterima kerja di LSM save the children yang mengharuskan papa ke soe. mungkin sama jauhnya kaya Jakarta-Bandung dan cuma pulang pas wiken. soe itu termasuk pelosok Kupang. sama seperti sebelumnya, papa dituduh mengeluarkan persediaan beras dan intinya papa dikeluarkan. bukan namanya mama kalo stuck disitu. papa disuruh ke jakarta, lagipula kakak gue mau lulus dan mama ga mau kakak kuliah di kupang. gue bisa nerusin SMA gue di Jakarta, setaun kemudian, gue pindah ke Jakarta. agak aneh pas pertama kali ngehirup udara jakarta. polusi, macet, beda sama di Kupang.


Di Kupang, ga ada yang namanya macet. seriously. udah gitu, walopun ga ada Trans Jakarta, angkot di Kupang lebih bagus, plus ada full music nya pula. ngedandanin angkotnya mungkin lebih mahal dari keuntungan yang diperoleh sebulan. Banyak orang yang bilang Jakarta itu mimpi semua orang. apa ada aja. sedangkan orang jakarta sendiri jenuh sama rutinitas yang selalu dilakukan. di Kupang mana pernah gue jam segini masih melek? jam segini gue udah ada di alam mimpi, mimpi dipeluk peluk sama David Beckham.mana pernah gue jam 9 baru nyampe rumah, belum lagi ngerjain tugas kampus. dilihat dari makanan pun sebenrnya lebih enak di Kupang sih, tapi sayangnya di Kupang kurang ada variasi. kabar terakhir yang gue denger di Kupang sekarang udah ada bioskop. mungkin 21.

Di kupang juga ga ada demo sama pengamen atau pengemis. bukan ga ada sih, tapi jarang ada. ga kaya di Jakarta. tempat seperti taman lawang pun ga ada. maksud gue yang khusus bencong ya, tapi ga tau kalo sekarang. udah 6 taun yang lalu gue ga kesana lagi.

dan darimana aja kita bisa ngelihat laut. kupang memang terkenal sama lautnya. cuma emang belum di ekspos sama media. sebenernya pantai di kupang baguuuuuusss banget. pasirnya halus. putih. dan dihiasi batu karang yang besar. di Flores juga. bahkan pernah denger kalo pembukaan kejuaraan surfing itu di pulau Flores kalo ga salah. hehe. beda kan sama Jakarta?

gue ga menyesal tinggal di Jakarta. gue cinta Jakarta sama seperti gue mencintai Kupang. di Jakarta gue mengenal cinta pertama gue. di Jakarta gue ngerasain first kiss gue. di Jakarta gue pertama kali clubbing *yaiyalah di Kupang mana ada tempat clubbing*. Di jakarta gue pertama kali gue liat city night view yang indaaaahhhhh banget. soalnya dihiasin sama lampu-lampu kota. dan di Jakarta pula, lembaran hidup gue menjadi soooo colorful.

5 comments:

  1. wah, nice story. ;)
    hmmm... ada aja ya orang yg ngincer posisi dgn cara yg ga bener?
    sejak awal bekerja, hal inilah yg paling diingetin sama papaku.

    tp sekarang keluargamu baik2 aja, kan? :D

    ReplyDelete
  2. bokap lu mengingatkan gw sama almarhum bokap gw =D

    dan gw pengen keliling Indonesia kalo bisa

    ReplyDelete
  3. @ juminten :

    alhamdulillah, semua baik-baik aja. tapi kayanya papa ga ditakdirin selalu ada sama keluarga deh. buktinya kerjaan papa di sentul dan sekarang balik tiap wiken doang :D
    eniwei, ajarin caranya ngedit blog dong. headline yang ada fotonya bagus banget.

    @ Bimo The Exile Angel :

    wah, mimpi yang sama :) semoga bisa terwujud, amin. Indonesia ga kalah sama Singapore lho :p

    bokap gue sama bokap lo sepertinya sama-sama lelaki :p :p

    ReplyDelete
  4. @ si unyilz : mksd gw bokap lu & almarhum bokap gw sama2 lurus, nggak suka neko2

    but I agree, Indonesia nggak kalah sama Singapore, bedanya cm ketaatan akan hukum dan tata tertibnya aja

    ReplyDelete
  5. @ Bimo The Exile Angel

    haha.. iya iya. eniwei, tentang almarhum bokap lo i am sorry to hear that :((

    yup, yup, tata kotanya juga bagus. tapi i believe, ada kekurangan dan kelebihan masing2. tetep aje gue lebih cinta Indonesia dibanding Singapore. *dimana lagi gue bisa makan sambel korek bawang?? hahaha...

    ReplyDelete

Blogroll

Powered By Blogger

© the other side of me, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena